PROGRAM CERDAS HIV DI TEMPAT KERJA


Dengan program cerdas HIV di Tempat Kerja, IBCA membantu perusahaan dalam membuat program HIV yang tepat dan berkelanjutan serta tempat kerja yang aman tanpa diskriminasi dan stigma terhadap HIV dan AIDS melalui rangkaian program berikut ini

1. Kebijakan

Membantu perusahaan dalam membuat kebijakan pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di tempat kerja yang sejalan dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja no. 68 /MEN/IV/ 2004.

 2. Program Edukasi

Program Edukasi yang diberikan IBCA menyesuaikan budaya perusahaan tanpa mengurangi kualitas edukasi yang diberikan. Program edukasi yang diberikan bertujuan menghasilkan para duta perusahaan/Peer Leader Educator (PLE) yang menjadi ujung tombak perusahaan dalam menjalankan program edukasi kepada karyawan keseluruhan tentang apa itu HIV dan AIDS. Untuk menghasilkan PLE, IBCA mempunyai beberapa pilihan edukasi mulai dari 1-3 jam, hingga 3 hari pelatihan menyesuaikan ketersediaan waktu yang diberikan oleh perusahaan. Berikut beberapa jenis edukasi yang diberikan IBCA seperti :

  1. Sosialisasi HIV & AIDS di Tempat kerja (1-3 jam).
  2. Pelatihan Informasi dasar HIV dan AIDS di Tempat Kerja (11/2 hari).
  3. Pelatihan Peer Leader Educator (PLE) (3 hari).
  4. Pelatihan Training of Trainers (3 hari) dengan syarat telah mengikuti Pelatihan PLE.
  5. Pelatihan Informasi dasar HIV untuk Human Resources Department.
  6. “Tailor made training” sesuai kebutuhan perusahaan.

3. Program Pengembangan Kapasitas Perusahaan

Dalam membangun “Program Cerdas HIV di Tempat Kerja” yang berkelanjutan, IBCA memberikan beberapa keterampilan yang membantu para pembuat program atau komite HIV atau Komite K3 dalam menjalankan program HIV di Tempat Kerja. Berikut ini beberapa jenis program peningkatan kapasitas yaitu

  1. Pelatihan Management toolkit, yakni pembuatan program kegiatan, termasuk Monitoring & Evaluasi Program, serta budgeting.
  2. Pelatihan pembuatan materi komunikasi (poster, artikel).

4. Program Edukasi di Masyarakat

Bersama dengan CSR Manager, Community Affairs Manager serta para karyawan perusahaan yang telah dilatih (PLE), IBCA membantu perusahaan dalam menjalankan kegiatan CSR untuk masyarakat yang berkaitan dengan edukasi tentang HIV dan AIDS, seperti kampanye hidup sehat dalam bentuk seminar atau Health Talk.

5. Mobile Testing

Untuk mengetahui status HIV seorang tenaga kerja atau karyawan, IBCA dapat menyediakan layanan tes HIV bergerak di perusahaan dengan mengedepankan Kesukarelaan dan Kerahasiaan hasil serta menghubungkan ke pihak-pihak yang menyediakan layanan CST (Care, Support, Treatment). Penyediaan layanan tes bergerak ini bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Perkumpulan Konselor HIV di Indonesia dan LSM terkait.


COPYRIGHT © 2014. IBCA - ALL RIGHT RESERVED. DESIGN AND DEVELOPMENT BY STARCASA