SERTIFIKASI


Sertifikasi merupakan suatu skema pemastian kualitas dan kesesuaian prosedur Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di tempat kerja. IBCA bersama dengan badan audit Nasional, PT Sucofindo (Persero) menciptakan tools dalam mengaudit Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Tempat kerja. Audit Program P2 HIV dan AIDS di Tempat Kerja dilaksanakan dengan mengacu kepada Indikator Kinerja Program Cerdas HIV IBCA, Keputusan Dirjen PPK nomor 44 tahun 2012, dan standar lain yang disusun dan ditetapkan bersama antara IBCA dengan PT. SUCOFINDO dengan menggunakan referensi :

  1. SNI 19-9000-2001 Sistem Manajemen Mutu – Dasar-dasar dan kosa kata
  2. ISO 14050:2002, Environmental management – Vocabulary
  3. SNI 19-19011-2005 Panduan audit system manajemen mutu dan/atau lingkungan

Adapun Sertifikasi terbagi dua yakni:

1. Nasional

Sertifikasi nasional dapat dilakukan oleh semua perusahaan atau tempat kerja berlokasi atau teregistrasi di Indonesia. Adapun tahapan dan cara pelaksanaan Audit P2 HIV dan AIDS di Tempat Kerja adalah

  1. Pengajuan perusahaan yang akan diaudit ke kantor IBCA
  2. Perencanaan dan penjadwalan audit
  3. Penugasan tim audit yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya
  4. Penyiapan dokumen kerja (daftar periksa, formulir-formulir untuk merekam informasi)
  5. Pelaksanaan Audit (tinjauan dokumen, interview, kunjungan lapangan)
  6. Pelaksanaan tindak lanjut audit, bila diperlukan
  7. Pemeliharaan rekaman program audit
  8. Pelaporan hasil audit

Sertifikasi Audit berlaku selama 3 (tiga) tahun sejak sertifikat diterbitkan dan pada tahun kedua dan ketiga akan dilakukan Surveillance Audit untuk memastikan bahwa perusahaan yang tersertifikasi tetap memelihara program dan sesuai dengan persyaratan audit yang telah dilakukan.

2. Internasional

Sertifikasi internasional ditujukan untuk perusahaan yang telah mendapat sertifikasi audit nasional yang akan diajukan menjadi pemenang di tingkat ASEAN. Standar penilaian dikembangkan bersama dengan Kementerian Tenaga Kerja, IBCA, APINDO, Kadin dan Sucofindo yang menyesuaikan dengan standar ASEAN.


COPYRIGHT © 2014. IBCA - ALL RIGHT RESERVED. DESIGN AND DEVELOPMENT BY STARCASA