SALAM DARI IBCA


Para pengusaha dan para pemerhati HIV dan AIDS,

Indonesian Business Coalition on AIDS (IBCA) dibentuk pada Desember 2007, sebagai respon dunia usaha terhadap meluasnya epidemi HIV di Indonesia yang pada akhirnya juga berdampak kepada masa depan bisnis. IBCA hadir sebagai bagian dari implementasi kesepakatan tripartit antara Pemerintah Indonesia, Pengusaha dan Serikat Pekerja mengenai program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang didasari oleh UU No 13 Tahun 2001 tentang ketenagakerjaan, serta International Labor Organization (ILO) Code of Conduct on HIV and AIDS and World of Work. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 68 Tahun 204 tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Tempat Kerja lebih menegaskan lagi tentang pentingnya program HIV di tempat kerja ini.

Meluasnya penyebaran virus HIV dan AIDS, tidak hanya berdampak kepada individu, tetapi juga kepada dunia bisnis karena, akan meningkatkan biaya asuransi, tunjangan Kesehatan, biaya rekrutmen dan pelatihan sebagai akibat dari pergantian pekerja yang tinggi akibat terinfeksi HIV. Selain itu, HIV dan AIDS juga berdampak kepada produktifitas pekerja, seperti tingginya ketidakhadiran pekerja akibat sakit, atau merawat keluarga yang sakit, kehilangan karyawan yang potensial, dan juga terjadinya lingkungan kerja yang negatif akibat stigma dan diskriminasi.

Oleh karena itu, program pencegahan penyebaran HIV dan AIDS di kalangan tenaga kerja merupakan program yang strategis dan efektif untuk dilakukan oleh semua perusahaan agar terhindar dari dampak akibat terlanjur menyebarnya virus ini di antara tenaga kerja.

IBCA berperan aktif dalam merangkul perusahaan-perusahaan di Indonesia, untuk memahami arti pentingnya program yang kami sebut “Program Cerdas HIV di Tempat Kerja.” Melalui program ini, setiap perusahaan yang bergabung bersama IBCA, akan mendapatkan keuntungan yang komprehensif dalam upaya penanggulangan, mulai dari pencegahan terinfeksinya tenaga kerja (zero new infection), pencegahan terjadinya kematian akibat AIDS (zero new AIDS related death), hingga pencegahan terjadinya lingkungan kerja yang negatif akibat adanya stigma dan diskriminasi terhadap tenaga kerja yang berstatus Orang Dengan HIV dan AIDS/ ODHA (zero discrimination).

Tanggung jawab perusahaan didefinisikan dengan 3P, yaitu Profit, Planet dan People. Memastikan tenaga kerja sehat dan produktif adalah bagian tanggung jawab di “People” yang harus dilakukan perusahaan. Indonesian Business Coalition on AIDS hadir sebagai mitra dunia usaha Indonesia untuk melindungi tenaga kerja dari epidemi HIV dan AIDS. Mari kita bersama-sama, menyatukan langkah untuk menyelamatkan tenaga kerja, masa depan bisnis dan menyelamatkan Indonesia dari HIV dan AIDS. Ayo ciptakan lingkungan kerja yang cerdas dalam merespon HIV dan AIDS. www.ibca.or.id


COPYRIGHT © 2014. IBCA - ALL RIGHT RESERVED. DESIGN AND DEVELOPMENT BY STARCASA